Wednesday 23 July 2014

Gagal Kuliah Tahun Ini, Bukan Masalah


Snmptn dan sbmptn 2014 baru saja selesai dilaksanakan. Bagi sahabat yang gagal pada keduanya, silakan bersedih dan menyesal, karena dengan menyesali apa yang telah dilakukan bisa membuat hati tenang. Tapi jangan terlalu lama bersedih hati sobat, mari kita perbaiki kekurangan diri kita, susun kembali mimpi-mimpi yang sempat berantakan, dan mulai bangun untuk bergerak berlari mengejar ketertinggalan impian yang ada di hadapan. Gagal merupakan hal biasa, itu kata orang yang tidak gagal.
Karena saya pernah gagal, maka saya tahu rasanya gagal itu bagaimana. Sakitnya tuh disiniii.. *nunjuk perut*. Maka dari itu saya tidak melarang sahabat untuk bersedih atau menangis ketika gagal. Bukannya menunjukkan kelemahan, walau kita laki-laki, ada yang salah toh kalau kita nangis? Justru laki-laki yang tidak pernah nangis adalah yang lemah, keras hati. Tidak ada firman tuhan yang melarang menangis untuk laki-laki. Boleh saja, asal tahu dosis dan tempat.

Tidak kuliah tahun ini? Hmm.., no problemo sih. Allah itu tahu yang terbaik untuk diri kita. Allah sangat mengetahui setiap detail dari hidup kita, karena Ia lah yang menciptakan kita. Tidak kuliah pada tahun ini bukannya Allah tidak adil, tidak sayang, dan tidak tahu lelahnya kita. Ia pasti menyimpan alasan lain yang menyebabkan kita menunda kuliah tahun ini, hanya saja kita belum mengetahuinya. Mungkin saja dari segi finansial, kesiapan mental, kesiapan belajar, dan lain2. Kuliah itu saatnya kita jauh orangtua, bukan berarti komunikasinya. Tetapi kita dituntut untuk lebih mandiri. Kuliah adalah saatnya menemukan kehidupan yang sebenarnya. Kalau kita menjudge Allah itu tidak adil, istighfar aja, karena kita manusia hanya sebagai pembuat rencana, yang menentukan berjalan tidaknya rencana itu hanya yang menciptakan kita.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang baik untuk perubahan yang lebih baik