Monday 15 April 2013

Rentetan Cerita Sebelum Pulang


Setelah ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga waktunya untuk pulang. Pulang? Wow, kayaknya kata itu keramat banget bagi ane. Soalnya bisa diitung nih pake jari tangan dalam setahun. Iya dalem setaun! Iya, aslina! Udah ah jangan banyak tanya..

Walau belum hari H nya anak-anak udah pada mikirin pulang aja. Ditanya nanti ba'da maghrib kegiatannya apa eh jawabnya "PULANG".
Ditanya besok PR apa aja jawabnya sama "PULANG". Pas ditanya: kamu mau kemana malem-malem gini; dijawabnya "PULANG" juga! Buset dah nih anak-anak pikirannya udah pada move semua ke rumah. Tapi mendingan juga sih daripada waktu kelas satu apalagi pas bulan-bulan setelah MOSA, wah, bisa-bisa H-20 yang punya penyakit epilepsi, asma, kegilaan mendadak, atau geleng-geleng sendiri, kambuh tuh!

Malam hari sebelum besoknya pulang, biasanya anak-anak pada main ke luar asrama buat nyari martabak atau gak main ke Pasar Barukai buat naik kincir-kincir. Ada juga yang nongkrong di warung Pakum buat nonton TV. Maklum lah TV di asrama dinyalain cuma pas malem minggu. Itu juga cuma satu channel. Welehweleh siswanya ada 150 yang tentunya pengen nonton acaranya masing-masing tapi channelnya cuma satu yang disetel, bisa-bisa rusak dah tuh TV kalo gak bisa ngaturnya.

Ada juga yang anteng di meja belajar buat ngisi PR-PR yang dikasih sama guru (yang ini emang kerjaannya anak rajin bin wekel). Ada juga yang gelelengan di kasur sambil nulisnulis di secarik kertas dibumbui dengan senyuman munfarid dan kata-kata saling merindu dan segudang kata-kata berlian lainnya. Wuah kalo yang ngebacanya itu bukan si fulan yang dimaksud bakal mual-mual da, aslina! Biasanya yang nulis-nulis begini lagi di masa jambu merah yang merah nan manissszzz...

Bagi yang jomblo dengan kata lain enggak laku yaa gejreng-genjreng gitar sambil nyanyi teriak-teriak di RB atau gak di tangga asrama. Dan itu gak satu dua orang lho! Makin kelabu suasana hati orang-orang, makin banyak yang ikutan nyanyi.

Dan yang paling beken dari kegiatan yang tadi disebutin di atas adalah beberes atau packing! Kaos, kemeja, celana bahan, celana jeans, jaket, sprei, selimut, sarung, kaos kaki, dan sepatu pun dicuci massal di siang harinya dan disetrikain malam harinya. Biasanya ruang jemur penuh banget dan kalo udah penuh banyak siswa yang menghalalkan segala cara agar pakaiannya kering. Ya numpuk di pakaian lain lah atau nggeser pakaian yang masih basah lainnya. Pokoke jemuran isun garing bae lah. Hadeh hadeeeeh...

Oiya ada lagi yang menurut ane aneh dan semoga saja bukan karena pas pengen pulang aja. Ada beberapa anak yang mendadak jadi friendly gitu padahal sebelumnya gak se-close H-1. Entahlah...

Keesokan harinya kegiatan apel kepulangan pun yang hal yang paling ditunggu. Korveey dan DD umum pun jadi maksimal. Jalanan, asrama, kamar mandi, bersih!!

Dan ketika piket SMA PLUS berkata: "Kelas satu, dua, persiapan makaaaan...!!!" para siswa pun berteriak YUHUUU!!. Karena setelah makan diadakan apel kepulangan. Yeee it's time to go home brooo... :)

Apel pun selesai digelar. Para siswa bermusafahah satu sama lain. Lalu berbaris antri untuk mendapatkan 'ongkos' pulang. Keceriaan tergambar jelas di wajah mereka. Wah gak ada yang bisa menggantikan peristiwa ini deh kecuali kebersamaan saat suka dan sedih bersama mereka. Merasa beruntung banget deh bisa gabung sama Binsis, sama kalian teman seangkatan atau lintas angkatan. Big thanks for you bro and sist... ;)

No comments:

Post a Comment

Komentar yang baik untuk perubahan yang lebih baik