Sunday 13 January 2013

Ane Cinta Cirebon

Belum lama ini ane pulang ke Cirebon buat menikmati liburan selama tiga minggu lamanya. Eh, gak lama deng, tapi cepet banget. Duapuluh satu hari di rumah itu kerasanya bagai seminggu doing. Beda kayak di asrama, sebulan aja kerasanya asa lamaaa pisan, aslina! Itulah yang menjadi alasan dasar kenapa pas di rumah ane banyakin main daripada diem di rumah. Soalnya pengen ngerekam ulang keadaan dan tata kota Kota Cirebon dari semester ke semester (jadwal kepulangan tiap semester dan hari raya). Dan ternyata baru ditinggal empat bulan aja gang di mana rumah ane dibangun udah penuh dengan rumahrumah baru. Yang tadinya di depan
, samping kanan, dan seterusnya ke kanan itu kebon dan rumah kosong, sekarang udah ada pemiliknya. Dan tentunya tetangga-tetangga baru itu belum ane kenal semuanya. Makanya pas disuruh ayah buat minjemminjem sesuatu ke bapak/ibu ini itu ane bingung mereka itu yang tinggal di gang mana ya asa baru denger. Akhirnya ayah ane ngerti dan nyuruh adek ane buat nganterin kakaknya yang buta namanama tetangga sekitar ini, heee.

Terus apa aja yang ane lakukan selama di rumah? Apa selalu main dan ngabisin duit? Enggak ko, justru selama liburan itu ane lagi bokekbokeknya dan Cuma mengandalkan uang saku sehari-hari (yang besarnya sama kayak waktu SMP, Rp4000,-). Walaupun lagi keadaan inflasi begitu ane terus berpikir gimana caranya bias Menuhin harihari ane dengan pengeluaran sedikit mungkin. Dan ternyata banyak solusinya. Kayak mainmain ke SMP/SD (MI), ngobrol bareng tementemen lama, main ke rumahnya terus numpang makan siang (ini yang paling enak sekaligus malu2in), atau sekedar keliling Cirebon sambil liat orangorang beraktifitas sambil naik angkot dari tempat awal berangkat sampe tujuan akhir (tarif tetep sama doong hehe).

Pernah suatu saat kalo gak Selasa apa rabu ya, ane lupa, Jepri sebagai temen SMP ane, dia ngundang ane buat main ke SMP 15. Yaa boleh deh daripada gak ada kerjaan di rumah dan juga mau ngomongin tentang reunian. Pas sampe sana ane markir motor di parkiran khusus mobil, tepat di samping mobil Ibu Kepala Sekolah. Mungkin karena ketidaktahuan dimana harusnya naruh motor dengan benar atau emang sok pengen tampil gaya dengan memarkir motor butut di samping mobil APV Ibu Kepsek. Huahaha Dea, temen waktu kelas 8, sampe ketawaketawa plus nyindirnyindir ane pas tau begituan.

Begitu nyamperin segerombolan anakanak (padahal Cuma 3an) asa ada yang beda tapi kalo si Jepri sih enggak. Dari dulu emang begitu mukanya, kurang putih ditambah suka ngangkatngangkat alis plus nyengirnyengir sendiri. Tapi pas liat dua makhluk bernama Dea  dan Reza asa ada yang berubah dari mereka berdua. Penampilannya begitu invers kalo dibangin sama tiga tahun yang lalu. Yang dulu Dea itu ‘agak’ melebar dan Reza yang bokongnya itu biasabiasa aja (maksudnya kagak terlalu pamer) tapi sekarang ketuker. Dea sedikit ramping dipadu tinggi yang bertambah dan kecantikan yang tetep (ceilahh suittt.suittt) dan Reza yang makin melebar serta meninggi dan makin ke belakang ‘itu’ nya membuat ane kaget. Spontan aja ane menganga sambil berusaha meyakinkan diri bahwa yang diliat dan diajak salaman waktu itu ada Reza ‘Montok’.
Dea
Jepri

Pembicaraan pun mengalir diselingi ceritacerita memorial ketika kami sekelas bareng. Menghadapi guruguru killer, sibuknya ngatur organisasi di tengah padetnya jadwal belajar, repotnya membagi waktu buat belajar di sekolah sama persiapan lomba, ataupun bolos pas pelajaran eksak dengan alas an latihan pramuka lah, rapat OSIS lah, ngelatih paskibra lah, dan macemmacem. Meledak lah tawatawa kami diantara ceritacerita mengharukan saat SMP. Huh, seandainya waktu tidak secepat ini mungkin kita masih bareng ya frens?! Hehe
Di lain waktu juga ane mengunjungi SLB (Sekolah Luar Biasa) yang ada di sekitar daerah Sumber buat mewawancarai salah satu dari siswa di sana. Yang nanti pokokpokok wawancaranya dipake buat lomba blog gadogado ane itu. Tapi tujuan utamanya sebenernya mah nyari pengalaman dan mengisi kekosongan waktu. Ane pergi ke sana bareng Jaka, temen waktu MI (madrasah ibtidaiyah) soalnya ga berani kalo sendirian. Dan setelah melakukan wawancara dengan Mas Abdurrohim, seorang penyandang tunanetra lofisen, kita dapet banyak pelajaran hidup dari ia. Seperti menjaga pandangan, ketepatan waktu saat melakukan sesuatu, dan menghasilkan prestasi. Diketahui Mas Abdu ini jago main catur dan tenis meja. Ia juga pernah jadi peserta lomba Qiroah tingkat Jawa Barat tahun 2011. Dan itu sungguh W O W. ane aja, jujur, yang pandangannya masih awas belum begitu lancer baca Qur’an, lha dia, adem ayem aja pas ngeraba ayat-ayat Quran di Al-Qur’an khususnya itu. Fyuh, apa iya harus belajar dari mereka?
ngewawancara Mas Abdu


Selain itu juga ane sama Jepri sempet pergi ke Palimanan, Perum (terus melosok), dan sampe daerah apa itu namanya yang ada SMPN 17 Kota Cirebon nya, ane lupa, buat nyari daerah yang kesulitan air bersih. Dan ternyata udah keliling dari pagi sampe dzuhur enggak ketemu. Gilaa capeknya, udah gitu belum makan pagi lagi, hadahh. Akhirnya pencarian pun dibatalkan dan ada rencana buat ngunjungin Kali Sukalila yang terkenal tercemar banget esok hari. Tapi eh malah gak jadi karena beberapa masalah.

Dan hang out terakhir ama temen-temen MI yaitu kunjungan ke Keraton Kasepuhan. Cuma bayar Rp5000,- udah dapet begitu banyak ilmu sejarah Cirebon yang dijelasin sama guide nya waktu itu. Ada senjata perang, baju-baju perang, kereta perang, kepala buaya putih, seperangkat alat music gamelan zaman Sunan dulu, kereta Paksi Naga Liman, lukisan 3D Prabu …(ane lupa lagi), dan suasana dalem keratin bahkan area istirahat Sunan yang gak boleh dimasuki siapapun kecuali dirinya dan juga istrinya. Megahhh banget brow!! Asli repot kali ya kalo missal lagi di pendopo terus tibatiba kebelet kencing yang kamar mandi di belakang bangunan sana, wah harus larilari dulu nihh hehe.

Dan yang terakhir adalah nonton bioskop tanpa ditemani seorang teman pun. Jujur pas waktu itu sedih banget soalnya besoknya ane pengen balik lagi ke Bandung tapi hari terkahir justru garing tanpa frens begeneh. Tapi ane maklum soalnya mereka mungkin lagi sibuk kumpul sama keluarga-keluarga mereka ataupun sekedar males buat main di hari yang agak mendung begini. Dengan gontai ane menuju lantai dua Cirebon Mall yang terletak di depan SMP ane buat ngebeli tiket. Awalnya sih pengen nonton 5cm tapi karena terlambat 30 menit jadinya ane nonton Habibie & Ainun yang baru diputar 15 menit yang lalu. Ceritanya cukup mengharukan sih dan intinya yang ane ambil dari tayangan tersebut adalah semangat juang Pak Habibie dalam meraih impiannya. Waah keren juga kisah cinta putihnya Pak Habibie sama Istrinya, Ibu Ainun, jadi pengen ngerengek-rengek di kursi sambil mencabik-cabik pegangan seat yang ada. Tapi enggak dong. Secaraa, pria gituh 8-). Satu kejanggalan yang ane temukan saat nonton yaitu penontonnya kebanyakan perempuan dan kalau ada lakilaki juga pasti didampingi ama pacarnya atau istrinya. Lha ane? Sendiri melapuk bujang nonton film kek beginian. Haaah ane malu buruburu aja keluar pas lampu utama dinyalain. Hahaha

Begitulah kisah liburan tiga minggu ane. Sangat berkesan dan menorehkan memori yang lekat di otak. Sibuk tanpa menyentuh lima buku pelajaran yang dibawa dan dua tugas yang diberikan sebelum  liburan. Entar deh ane certain gimana kelanjutannya karna ane gak ngerjain tugastugas tersebut. Pastinya di postingan dan kesempatan selanjutnya yaa. Inilah yang menyebabkan ane males buat balik ke asrama yang tiap hari kerjaannya belajar, korvey, kegiatan masjid, KBM plus, dan menjadi penunggu ruang tugas. Tapi ini harus ane lakukan demi masa depan. Semangat brow! Lakukan yang terbaik dan tunjukan pada mereka bahwa kamu juga berarti dimanapun kamu berada. Yep, sudah dulu. Ane pegel baru macul.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang baik untuk perubahan yang lebih baik